Cara Sederhana yang Digunakan Investor Miliarder Peter Thiel dalam Mengidentifikasi Startup Game-Changing

Peter Thiel merupakan salah satu investor VC yang paling sukses di dunia. Dia paling terkenal dengan investasinya di Facebook, tapi dia juga memiliki saham di berbagai startup bernilai miliaran dollar, seperti Palantir, Stripe, dan SoFi.

Bagaimana cara Thiel menemukan startup fast-growing dengan sangat mudah?

Kunci utamanya: carilah startup yang tidak dapat diucapkan dengan kata-kata yang tepat.

Thiel membagikan pemikirannya dalam sebuah interview dengan Keith Rabois pada KV CEO Summit tahun ini, yang diadakan Khosla Ventures. Acaranya diadakan bulan Juli tapi video interviewnya di post pada awal minggu ini.

“Menurut saya dalam beberapa hal perusahaan yang sangat bagus seringkali tidak bisa diucapkan dengan jelas…bukan kata-kata umum yang formal. Atau mungkin bisa diucapkan tapi diucapkan dalam kategori yang sebenarnya mislead,” ucap Thiel.

Artinya ide startup harus benar-benar baru makanya tidak mudah dipahami oleh semua orang. Contohnya, Thiel bilang mayoritas orang menyebut Google sebagai search engine, di mana kenyataannya, Google merupakan search engine “first machine-powered”. Bahkan Facebook disebut hanya sebagai social network, di mana sebenarnya Facebook adalah sebuah perusahaan yang “membuka identitas orang yang sebenarnya” secara online.

Thiel juga menambahkan: hindari startup yang terlalu banyak menggunakan buzzwords.

Jadi jika sebuah startup menggambarkan dirinya dengan kata-kata trendy seperti big data, cloud computing, atau software-as-a-service, saatnya Anda menjauhi startup tersebut.

“Saya sering bilang ketika Anda mendengar kata-kata tersebut, Anda perlu memikirkan fraud dan lari secepat mungkin,” kata Thiel. “Seperti mengatakan bahwa Anda sedang menggertak, tidak ada yang unik dari bisnis tersebut.”

Anda bisa menyaksikan acara interviewnya disini:

 

Sumber: Business Insider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *